Admin akan belajar membaca mencermati dan menanggapi berita

Operator Desa | 17 Januari 2021 09:52:08 | Berita Desa | 94 Kali

Sembari Posting FOTO APBDesa Tahun 2020 dan Laporan Realisasi APBDes Tahun 2020, Melalui Website Resmi Desa Tribaktimulya ini Admin akan belajar membaca mencermati dan menanggapi berita yang bersumber dari

https://www.saktimedianews.id/2021/01/15/kepala-desa-tribakti-mulya-di-duga-melakukan-penyelewengan-dan-tidak-transparan-dalam-pembangunan/

Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan

 

Kepala Desa Tribakti Mulya di Duga Melakukan Penyelewengan dan Tidak Transparan Dalam Pembangunan (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PP 43/2014 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2016 tentang Desa. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Maaf Yth. Bapak jurnalis saya bantu koreksi seharusnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang

Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (pemberi tanggapan)

 

Seperti temuan kami/awak saktimedianews.id,- ketika mengunjungi salah satu Desa dalam melaksanakan tugas selaku sosial kontrol. Sering tidak bertemu dengan Kepala Desa ataupun Sekretaris Desa, alasannya sedang keluarlah, inilah, itulah dan alasan-alasan lainnya atau memang mangkir dan bolos tidak masuk kantor atau “Alergi dengan wartawan” sehingga tidak mau bertemu dengan wartawan. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Mengenai perihal diatas, itu mrmang sering terjadi. salah satunya Rudiana S.E., Kepala Desa Tribakti Mulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Mengenai perihal diatas, imajinasi saya menuju ke jaman sekolah dasar (SD), saya belajar membuat berita dan saya belajar bertanya, mulai dari kata apah, siapa, dimana, kapan, kenapa dan seterusnya seterusnya gitcuh ea hehe, dan memastikan kebenarannya secara de facto dan de jure.

jurnalis Heri katrianto & Hamdan yang sering ke desa terus pernah menemui warga dan salah satu perangkat desa TIDAK TAU NAMA KEPALA DESA YANG MAU DIBERITAKAN, #NAMA KEPALA DESA YANG DI BERITAKAN 1000�LSE, maka dari itu saya berharap bapak jurnalis datang lagi ke desa cari info yang benar kalau misalkan jurnalis Heri katrianto & Hamdan malu untuk bertanya di desa tuh ada spanduk APBDes besar bertulisan nama kepala desa. (pemberi tanggapan)

 

Menurut keterangan salah seorang warga Rw. 10 Desa Tribakti Mulya yang tidak mau disebutkan namanya saat di mintai keterangan awak saktimedianews.id,- imenerangkan “Di wilayah Rw. 10 tidak ada pelaksanaan kegiatan pembangunan pengerasan/rabat beton jalan desa. Yang ada kegiatan rabat beton jalan desa adalah di wilayah Rw. 03,” terangnya dengan nada kesal. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Absurtd banget yey Di wilayah Rw. 10 tidak ada pelaksanaan kegiatan pembangunan pengerasan/rabat beton jalan desa. perlu diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan di desa, itu di monitoring dan di evaluasi oleh tim monev kecamatan mulai dari ekspost kegiatan dengan slide power point sampai turun kelapangan memantau progres kegiatan mulai dari 0%, 50% sampai 100%, di dampingi oleh pendamping lokal desa, pendamping teknis kecamatan, di hadiri oleh lembaga desa, LPMD dan BPD. Saya pikir jangan terlalu klimak karna desa itu di bina oleh ispektorat oleh DPMD pendamping tingkat kab dll (Pemberi Tanggapan)

 

 

Setelah kami awak saktimedianews.id,- mengecek ke lapangan. Betul kenyataannya bahwa di wilayah Rw. 10 tidak ada kegiatan pembangunan pengerasan atau rabat beton jalan. Yang ada sesuai yang di terangkan oleh (UP) memang terlihat di wilayah Rw. 03. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

Mungkin Jurnalis ini nyasar atau gimana nya (Pemberi Tanggapan)

di rw. 3 ada kegiatan rabat beton bersumber anggaran dari dana desa tahap 2 total anggaran Rp. 103.000.000,- dan di Rw. 10 pun ada jalan tembusan ke desa warjabakti bersumber anggaran dari dana desa tahap 2 20�n tahap III 80% total anggaran Rp. 103.000.000,- (pemberi tanggapan)

 

Dan menurut pantauan kami dalam kegiatan pembangunan tersebut di duga ada pelanggaran. Salah satunya tidak terlihat papan proyek, kualitas hasil dari pembangunan pun tidak baik. Kami duga anggaran yang di terapkan tidak sesuai dengan anggaran sebesar Rp. 103.000.000,00 tercantum di APBDES 2020. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

Sisi lain kami juga memantau kegiatan pembangunan sarana lapangan olahraga yang baru terselesaikan pengerukan, di situ juga kami sama tidak menemukan papan proyek. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Menurut saya mh wajar ketika pembangunan sudah selasai papan proyek tidak ada, karna papan proyek di tempel ketika sedang di kerjakan dan ketika sudah selesai pekerjaan papan proyek mh sok aya nu ngalaan di jadiken tilam atau aph hhe

Saya melihat bahkan saya punya foto kegiatan pemerataan lapangan itu ada papan proyek di pertengahan tahun sumber dana desa tahap II, saya mau nanya sejauhmana bapa memantau dan menyelidiki ? jangan sapai menyebar isu hoak (pemberi tanggapan)

 

Ketika hal ini di konfirmasi ke Kepala Desa untuk perimbangan pemberitaan hingga berita ini ditayangkan, pihak Desa belum memberikan jawaban. Kami coba dengan memberikan nomor kontak kami kepada dua orang perangkat salah satunya (E) kasi pelayanan. Tapi setelah satu hari kami tunggu masih belum juga memberikan tanggapan meski lewat Telepon atau via Whatsapp. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan )

 

Menurut saya bahasa Konfirmasi itu berpotensi ke arah yang mengintimidasi

Pasal 29 UU ITE

Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi. . (pemberi tanggapan)

Pasal 45B UU 19/2016

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

 

Dalam penjelasan Pasal 45B UU 19/2016, dijelaskan bahwa Ketentuan dalam Pasal ini termasuk juga di dalamnya perundungan di dunia siber (cyber bullying) yang mengandung unsur ancaman kekerasan atau menakut-nakuti dan mengakibatkan kekerasan fisik, psikis, dan/atau kerugian materiil. Sumber https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/cl2025/ancaman/#:~:text=R. Soesilo dalam bukunya Kitab,Memaksa orang lain;&text=Memaksanya dengan memakai kekerasan atau ancaman kekerasan. (pemberi tanggapan)

 

undang undang no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah di ubah dengan undang undang no. 20 tahun 2001, serta PP no. 71 tahun 2000 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan)

 

Sebagaimana telah di ubah dengan peraturan pemerintah no 43 thn 2018 agar jangan ada lagi oknum oknum penyelenggara pemerintah desa yang berani bermain dalam pengelolaan keuangan desa dan bantuan hibah untuk kesejahteraan masyarakat. (Jurnalis : Heri katrianto & Hamdan)

Seharusnya ada PP history sebelum kalimat Sebagaimana telah di ubah dengan peraturan pemerintah no 43 thn 2018 (pemberi tanggapan).

 

 

Mudah”an artikel ini bisa menambah wawasan khususnya untuk saya pribadi umum nya untuk anak bangsa, kritis terhadap roda pemerintahan itu penting dan kritis terhadap berita yang ditayangkan juga itu penting, jangan sampai termakan berita hoak. Karna berita hoak dapat memperkeruh keadaan, memecah belah persatuan dll. BAYYYYYYYY..................

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat :
Desa :
Kecamatan :
Kabupaten :
Kodepos :
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung