You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Tribaktimulya

KEC. Pangalengan, KAB. Bandung, Prov. Jawa Barat

ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA 2018


ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA 2018

APRESIASI KINERJA KADES

 

Selama dalam pengabdian Cahya Sukmana, S.Pd Kepala Desa Tribaktimulya Kec. Pangalengan Kab Bandung di nilai punya kinerja baik dan transparan.

 

Baik dari segi pelayanan maupun dalam menjalankan penggunaan Anggaran (DD) dana desa Program pemerintah pusat melalui APBN warga masyarakat merasa puas, seperti yang diungkap Anwar warga di Dusun 3.

 

Wartawan MPN, mencoba menghubungi warga masyarakat, Senin (10/ 12/2018), menurutnya selama pengabdianya jadi kepala Desa Tribakti Cahya Sukmana, S.Pd cukup signifikan dalam percepatan insfatuktur pembangunan di wilayah Desa Tribakti. Bisa dibuktikan secara tisik membangun Gedung Kantor Baru Desa Tribakti dalam tempo 2 tahun, pembangunan jalan desa, jembatan, Saluran Air Grandase, Kantor Balai RW/TPT, Halaman parkir Gedung olah raga (RKB)

 

Ruang kantor Baru sekolah TK-PAUD, prasarana pasilitas umum.

 

Cahya Sukmana, S.Pd dalam 3 tahun terahir ini dalam Percepatan pembangunan insfrastruktur desanya cukup signiflkan baik dan berhasil, demikian ungkap Anwar didampingi warga masyarakat lainnya.

 

Menurutnya sejauh ini kinerja Kades cukup baik dan bisa dibuktikan kedekatanya antara Kepala Desa dengan warga masyarakatnya dan selalu menjaga baik dan menjalin silamrahim tanpa ada membedakan warga sekitarna dan selalu tangkap terhadap apa yang terjadi di desa. Apalagi menyangkut urusan masyarakat.

 

Lalu wartawan MPN coba bertanya tentang pelayanan pembangunan dan kebijakkankebijakkan yang ada, pelayanannya baik dan kooperatif kadang 24 jam, bila masyarakat Emergenci, Pembangunan yang transfaran dapat dibuktikan dalam kinerjanya, kebijakkan selalu bersosial dan bila ADD-APD turun dari pemerintah Kades dan perangkatnya mengundang semua tokoh masyarakat, Karang taruna LPMD-BPD P2KD lalu mengadakan musyawarah tiap kali ada pencairan Tranfer Rekening Desa Baik dari pemerintah pusat maupun Daerah Kabupaten sendiri.

 

Dalam penjelasan transfaran bahwa semua Anggaran yang menyakut di pos bidangbidangnya dalam penggunaan skala prioritas, sesuai dengan Keputusan Musrembang ,

 

Hal yang senada disampaikan TITA salah satu warga Dusun 3 menilai bahwa kades Cahya Sukmana, S.Pd selama menjalankan tugas cukup baik dalam menjalankan tugas dan pungsinya jadi kepala Desa Tribakti masa periode 2013/ 2018 sejauh ini baik dan transfaran.

 

Ini dikatakan bukan seolaholah tapi ini pembuktian dan fakta di lapangan kalau ada yg kurang singkron selalu dibuat musyawarah dan tanggung jawab selalu bijaksana dalam mengambil suatu keputusan, menjaga silaturahim baik dengan para perangkat kerja Desa Lembaga.

 

Bahkan setiap tahun ajang silaturahim membuat acara syukuran tujuanya agar tetap terjaga hubungan baik diantara warga masyarakat dengan kepala Desa sendiri serta jadi Rutinitas adakan MUSDES musyawarah Rapat kordinasi desa selalu dilaksanakan satu bulan sekali tujuanya para Kadus memberikan laporan terhadap perkembangan atau situasi yang ada di warga masyarakat.

 

“Kades minta melaporkan apa saja dalam sebulan terahir,” ujarnya.

 

Cahya Sukmana, S.Pd Kades Tribakti, menanggapi hal ini sebagai kades sudah seharus nya bijaksana, trasfaran, Amanah dalam pengabdian dan selalu menjaga Etika Wibawa kades sendiri mengingat aturan baik dengan produk Hukum Peraturan Bupati dan peraturan

Gubernur diantaranya transfaransi dalam mengunakan Anggaran peningkatan dalam pembangunan Ekonomi Desa sendiri baik segi pelayanan.

 

Walau selama ini masih banyak kekurangan yang belum terealisasi demi membangun dan kemajuan Desa Tribakti ini jauh dari sempurna selama masa bakti kami sebagai pemegang kebijakan dan saran kami terima dengan Legowo selalu demi kesejahteraan warga masyarakat desa.

 

Selama menjadi kepala desa mungkin banyak kesalahan karena kehilapan dan kesalahan sebagai manusia, kami mohon maaf baik atas nama pribadi dan keluarga besar kami sekiranya Tuhan menghendaki tahun berikutnya jadi kepala desa lagi mohon dengan sangat do’a dan sokongan dukunganya agar kami dapat merubah serta memperbaiki kinerja yang lebih baik untuk masa bakti 2019-2025 yang akan datang.*

 

Cl Wawan Suhendi

Dokumen Lampiran Realisasi APBDES
Bagikan artikel ini:
Komentar